Wednesday, June 10, 2015

Setting GPS Untuk Pengukuran Metode RTK NTRIP - CORS (Leica Viva GS) Part2


Salah satu teknologi pemetaan yang mulai dikembangkan di Indonesia yaitu GNSS CORS (Global Navigation sattelite system Continuosly Operating Reference Stations). Banyak dari instansi pemetintah maupun swasta yang mengembangkan teknologi ini untuk kebutuhan rekayasa dan penelitian yang berkaitan dengan posisi. CORS merupakan jaring kerangka geodetik aktif berupa stasiun permanen yang dilengkapi dengan receiver yang dapat menerima sinyal dari satelit GPS dan satelit GNSS lainnya, yang beroperasi secara kontinu selama dua puluh empat jam (Yustia, 2008). Sehingga fungsi dari CORS ini nantinya dapat digunakan dalam pemetaan situasi dengan menggunakan metode RTK (Real Time Kinematic). Sistem RTK merupakan prosedur DGPS (Differential Global Positioning System) menggunakan data pengamatan fase, yang mana data atau koreksi fase dikirim secara seketika dari stasion referensi ke receiver pengguna. Dengan adanya radio modem atau sistem NTRIP (Networked Transport Of RTCM Via Internet Protocol) sehingga proses pengiriman data atau koreksi fase dapat dilakukan secara seketika, membuat informasi posisi yang dihasilkan oleh sistem ini dapat diperoleh secara seketika. 
Pada posting kali ini saya akan  menjabarkan  detail Pengaturan Rover / Receiver yang dilakukan sebelum melakukan pengukuran dilapangan Metode RTK - NTRIP dengan GNSS CORS merek LEICA.

Tahap pengukuran GPS metode RTK NTRIP - CORS pada GS14 terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
1. Membuat Job
2. Membuat profil internet untuk sambungan serta mengirim koreksi dari Stasiun Base
3. Pengukuran Real Time Kinematik ( RTK NTRIP )

Berikut lanjutan dari posting sebelumnya langkah kedua yaitu Membuat profil internet :
- Pada RTK Rover wizard terdapat 3 pilihan, pilih internet untuk melakukan setting NTRIP


- Konfirmasi mengenai koneksi akan keluar yang menunjukan bahwa koneksi ke receiver dibutuhkan. Kemudian pilih next,

-  Pada pilihan port pilih port1 untuk mendefinisikan koneksi antara GNSS ke server melalui bluetooth.dengan GPS GS 14.

- Gunakan koneksi menggunakan perangkat dengan jaringan GSM/GPRS


- Masukan PUK dan PIN kartu SIM jika ada, atau anda bisa langsung menekan Next.


- Pilih using GPRS/CDMA internet conection untuk mendefinisikan bahwa media internet yang digunakan bukan melalui dial-up. Kemudian tekan next.

- Dibutuhkan APN (acces point name) yang dapat diperoleh dari provider penyedia jasa GSM, semisal tri dapat menggunakan APN "3gprs" tanpa menggunakan username dan password. Kemudian tekan next.

####BERSAMBUNG####

0 comments:

Post a Comment