Monday, June 1, 2015

Download Data Hasil Survey GPS (Topcon Hiper) dengan Aplikasi PC-CDU

Setelah Survey GPS selesai, sahabat bisa mendownload data hasil pengamatan melalui komputer atau laptop. Namun sebelumnya sahabat harus sudah menginstal aplikasi nya yang bernama PC CDU.

PC-CDU merupakan produk software yang komprehensif didesain untuk mengontrol GPS dan Receiver yang dikembangkan oleh Topcon Positioning System. PC-CDU menggunakan bahasa interface Receiver GPS untuk mengkonfigurasi berbagai pengaturan receiver dan mendiagnosa performance dari receiver. Program ini dapat merespon perintah dari Internet untuk jarak jauh mengendalikan receiver dan mengambil data receiver. Software PC-CDU terbagi menjadi dua versi, yaitu versi full functionality disebut PC-CDU MS dan versi reduced functionality disebut PC-CDU Lite. PC-CDU Lite tersedia gratis pada website Topcon atau pada CD GPS Topcon (Jose,San.2006).

Pengunduhan data dari intrumen GPS Geodetik dilakukan sebelum melakukan pengolahan data GPS, tahapannya sebagai berikut:
1. Menghubungkan instrumen GPS Geodetik dengan PC/Komputer

2. Membuka Aplikasi PC-CDU,

3. Berikut jendela utama aplikasi PC-CDU

4. Menghubungkan instrumen GPS Geodetik dengan PC-CDU, Klik File > Connect

5.Akan muncul jendela berikut untuk conection mode pilih direct dan port1. Untuk baud rate yang biasa digunakan adalah 115200, kemudian klik conect.

- Jika koneksi berhasil maka akan muncul teks "COM1,115200" di pojok kiri bawah jendela

6. Selanjutnya Klik File > File Manager

- Maka akan muncul jendela File Manager, pada kolom sudah tertera waktu perekaman juga.

Pilih data GPS yang ingin di download, Kemudian klik Download

7. Tunggu Hingga Proses download selesai (100%) pada kolom juga menunjukan indikator proses download berupa bulatan, jika bulatan berwarna biru menunjukan data sedang dalam proses menunggu untuk didownload, warna merah berarti sedang proses download dan warna hijau menunjukan data telah berhasil di download.

8. Jika semua data pengamatan sudah selesai di download maka klik File > Disconnect

9. Yang terakhir klik File > Exit

####SEMOGA BERMANFAAT####

0 comments:

Post a Comment