Friday, June 5, 2015

Mengenal dan Mengetahui Informasi dalam Sertifikat Tanah


Halo sahabat geodet, pada posting kali ini saya akan memposting sedikit ilmu yang mungkin juga sudah sahabat dapatkan di perkuliahan Pendaftaran Tanah atau Hukum Agraria. Dimana ilmu ini mungkin akan berguna jika sahabat geodet nantinya bekerja di BPN, atau PU. Mungkin terlihat sepele, tapi untuk saya sendiri juga baru belajar membaca sertifikat. Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan saya pandai dalam membaca dan menganalisa sertifikat tanah. Berikut hasil searching2 dari mbah google, jika ada kesalahan mohon koreksinya gan... :)

Sertifikat tanah adalah surat keterangan tanda bukti kepemilikan hak atas tanah pada kawasan dengan luas tertentu yang telah disebutkan dalam sertifikat tersebut. Di indonesia saat ini sertifikat dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional.



Berikut saya paparkan sedikit tentang format sertifikat tanah beserta keterangan dan informasi yang tertera didalamnya. Secara fisik sertifikat tanah berbentuk seperti buku yang terdiri dari sampul dan isi.

A. Sampul Sertifikat,
Keterangan :
1. Pojok kanan atas terdapat tulisan Daftar isian yuridis, DAFTAR ISIAN 206 = yang menunjukan bahwa ini merupakan Sertifikat hak atas tanah, DAFTAR ISIAN 205 = Buku Tanah, DAFTAR ISIAN 207 = Surat Ukur, dll
Surat Ukur
2.  Pada sampul depan tertulis dengan huruf besar BADAN PERTANAHAN NASIONAL ini menunjukkan yang mengeluarkan adalah badan petanahan nasional (BPN).
3.Terdapat gambar garuda pancasila ini melambangkan bahwa buku tanah ini berlaku di Negara Indonesia.serta segel jilid buku yang juga bercapkan garuda pancasila.
4. Tertera tulisan SERTIPIKAT (Tanda Bukti Hak) menunjukkan bahwa buku ini adalah jenis buku sertifikat atas hak kepemilikan tanah.5. Tertera tulisan SERTIPIKAT menunjukkan bahwa buku ini adalah jenis buku sertifikat.
5. Di pojok kiri bawah terdapat no Blangko. No ini biasanya tercetak pada masing2 halaman pada sertifikat.
6. Sedangkan di pojok kanan bawah terdapat kotak2 yang berisikan no bidang tanah/ no persil.

B. ISI 
- (Halaman Pertama)

- (Halaman kedua)
- (Halaman ketiga)

- (Halaman keempat)

- (Halaman kelima)


- (Halaman keenam) 

####SEMOGA BERMANFAAT###

2 comments:

Post a Comment