Saturday, January 3, 2015

Menghilangkan Cycle Slips pada Data GPS Statik dengan Toopcon Tool 8.2

Dalam Perjalanannya dari satelit hingga mencapai antena di permukaan bumi, sinyal GPS akan dipengaruhi oleh beberapa kesalahan dan bias. Kesalahan dan bias GPS salah satunya berasal dari data pengamatan, seperti cycle slips.


Cycle slips adalah ketidak-kontinyuan dalam jumlah gelombang penuh dari fase gelombang pembawa yang diamati, karena receiver disebabkan oleh satu dan lain hal, „terputus‟ dalm pengamatan sinyal. Kalau kita membuat plot data pengamatan fase terhadap waktu, maka cycle slips dapat dikenali dari loncatan mendadak dari kurva grafik yang ditunjukkan pada gambar di atas. Harga ambiguitas fase sebelum dan sesudah terjadinya cycle slips akan berbeda besarnya.

Cycle slips dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :
1. mematikan dan menghidupkan receiver
2. obstruksi dari sinyal GPS yang disebabkan oleh bangunan, pohon, jembatan dll
3. dinamika receiver yang tinggi
4. rendahnya rasio signal to noise yang bisa disebabkan oleh aktifitas ionosfer yang tinggi, multipath dll
5. receiver failure

Karakteristik cycle slips yaitu :
- Cycle slips menyebabkan ketidak kontinyuan dalam jumlah gelombang penuh dari fase fase gelombang pembawa yang diamati.
- Ambiguitas fase (N) sebelum dan sesudah cycle slips akan berbeda nilainya.
- Pendeteksian cycle slips lebih mudah dibandingkan pengkoreksiannya
- Cycle slips lebih mudah ditangani pada dua frekuensi ketimbang pada data satu frekuensi.
- Cycle slips lebih mudah ditangani pada data statik, ketimbang pada data kinematik.

Metode pendeteksian Cycle slips antara lain :
- Penggunaan polinomial berorde rendah yang dicocokan (fitting) ke time series dari variabel yang diuji. Ini adalah metode yang cukup umum digunakan.
- Penggunaan model dinamik untuk memprediksi data ukuran dengan menggunakan Kalman filtering. Perbandingan antara data data ukuran hasil prediksi dengan hasil ukuran sebenarnya, digunakan sebagai basis pendeteksian cycle slips.
- Penggunaan skema differencing data ukuran antar epok berorde satu, dua, tiga, dan empa. Terjadinya cycle slips akan nampak pada harga differencing berorde tinggi yang relatif besar.

Pengkoreksian Cycle slips :
- Pengkoreksian cycle slips bisa dilakukan sebagai suatu proses tersendiri sebelum proses tersendiri sebelum proses estimasi posisi, ataupun secara terpadu dengan proses pengestimasian posisi.
- Dalam metode pengkoreksian yang bersifat terpadu dengan proses estimasi posisi, terjadinya cycle slips dapat dikaterisir dengan penambahan parameter ambiguitas fase yang  berbeda dengan parameter sebelum terjadinya cycle slips.
- Keberhasilan proses pengkoreksian cycle slips sangat tergantung pada level kesalahan dan bias dari data ukuran, geometri satelit, dan kecanggihan dari algoritma yang digunakan.
 
Berikut langkah menghilangkan Cycle Slips pada data GPS dengan Toopcon Tool 8.2
1. Langkah pertama membuka Topcon Tools v.8.2

2. Kemudian langkah selanjutnya import data GPS hasil pengukuran dengan cara klik Tool Job > Import.

3. Setelah itu akan muncul Tool Boxseperti dibawah ini, pilih data yang akan diimport lalu klik open. 

4. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

5. Kemudian untuk menghilangkan nilai selang ambiguitasnya yang paling kecil dengan cara klik Tool View > Occupation view sehingga tidak menimbulkan banyak nilai ambiguitasnya.

6. Jadi klik kanan pada sinyal GPS yang kecil dan mengalami cycle slips lalu pilih disable untuk mengurangi timbulnya banyak nilai ambiguitas seperti contoh dibawah ini:



"Semoga Bermanfaat"

0 comments:

Post a Comment