Monday, May 19, 2014

Membuat Frame Layout Peta di ArcGIS

Selalu langkah terakhir dari membuat sebuah peta adalah membuat layout atau frame nya. Pada Posting ini saya akan menulis tentang langkah - langkahnya. Langsung aja ya brooo...
1. Untuk membuat layout, klik Layout View
2. Ubah orientation dengan menu File → Page and Print Setup → Landscape → OK
-Klik Page and Print Setup
-Akan muncul jendela berikut. Ubah format orientasi peta sesuai kebutuhan.
-Berikut tampilan dalam bentuk landscape.
3. Untuk memberi grid pada peta tersebut, klik kanan pada Layers → Grids → New Grid → Measured Grid → Pilih Intervals 10000 → OK- klik kanan pada Layers
- Klik New Grid
- Pilih Measure Grid 
-Pilih Jenis Gridnya dan interval yang diinginkan, Disini saya isikan intervalnya 1000 m
- Kemudian jenis line. yang diinginkan.
-Selanjutnya
-Klik Finish dan berikut tampilan setelah diberi grinya gan...
4. Buat tempat untuk meletakan atribut peta dengan klik rectangle
-Klik kanan pada kotak rectangleProperties → pilih No Color untuk menghilangkan warna pada kotak rectangle.
-Hasilnya
5. Kemudian klik inserttitle untuk membuat judul peta.
 -Akan muncul jendela
6. Kemudian untuk membuat arah utara klik insertnorth  arrow → pilih sesuai selera
 -Jenis North Arrow
7. Selanjutnya untuk membuat skala bar klik insertscale barpilih sesuai selera


 -Jenis scale bar
8. Lalu untuk membuat legenda peta klik insertlegend → isi Jenis_Tanah_Clip pada legend itempreviewnext
 -muncul jendela berikut


9. Hasilnya sebagai berikut, maaf kurang rapi buatnya...
10. Jika ingin lebih bagus, dapat dibuat lay out nya menjadi semenarik mungkin. Hingga enak jika dilihat peta nya.
Contoh nya:
11. Kemudian hasil dari layout peta tersebut di export dalam bentuk PDF dengan klik fileexport map → ok.

####SEMOGA BERMANFAAT####

29 comments:

  1. mantap....sangat membantu ...trimakasi,,slm dri timur

    ReplyDelete
  2. Trima kasih buat postingnya. mau tanya gan, gimana kalau angka mau di taruh dibagian dalam frem? trima kasih

    ReplyDelete
  3. makasih gannnn, moga diberi pahala yg banyak

    ReplyDelete
  4. Thanks banget suhu, sangat membantu. semoga jadi amal ibadah.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. MAKASIH ,,BAIK UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN

    ReplyDelete
  7. mas, angkatan berapa?? Arif Laila itu juga pembimbing skripsi saya

    ReplyDelete
  8. ADA NO WA YANG BISA SAYA HUBUNGI ????
    SAYA INGIN BERTANYA TERKAIT MATERI YANG DISAMPAIKAN. SAAT INI SAYA LAGI MEMPELAJARI MATERI TERSEBUT UNTUK MASUK KE PRAKTEK LANGSUNG.

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum terima kasih informasi tentang gisnya kak, sangat bermanfaat bagi saya.. mudah mudahan gis bisa lebih dikembangkan
    ehh satu lagi kak sekiranya ada waktu bisa kunjungi website kampus kita http://www.atmaluhur.ac.id dan website saya https://zulpikar.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  10. terimakasih kak, ini snagat bermanfaat untuk saya dalam mengembangkan ilmu GIS. sekarang saya jadi paham cara membuat frame layout dalam GIS. sukses terus ya kak

    oh iya, jangan lupa kunjungi website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id
    dan juga website saya : http://irma24.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  11. sangat bemanfaat kak ilmunya, terima kasih kalo ada waktu kunjungi website kampus saya ke www.atmaluhur.ac.id maupun alamat web blog saya http://mafaza.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/.

    ReplyDelete
  12. minta aplikasinya dong? saya pengen banget belajar

    ReplyDelete
  13. Terima kasih untuk petunjuk ini,sangat membantu. terimakasih

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu

    ReplyDelete
  15. Terimakasih banyak sangat membantu. Saya review sudah lama ga pakai

    ReplyDelete
  16. mau tanya bang buat tambah garis yang panjang itu gimana ya, yang samping peta sampai garis layout gimana ya bang

    ReplyDelete